headerphoto

Kuliah Lapangan Sejarah

Senin, 4 Mei 2009 18:15:51 - oleh : admin

Bantul 04 April 2009

Beberapa waktu yang lalu mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah mengadakan program mandiri Kuliah Lapangan Sejarah yang dikuiti oleh mahasiswa semester 2 ke daerah Candi Gedong Songo (daerah Bandungan Ambarawa) dan Demak (masjid Demak). Sebuah kegiatan yang sangat mendukung dalam sejarah Kebudayaan Indonesia dan Sejarah Indonesia Kuno serta Madya. Kegiatan seperti ini sebenarnya hampir rutin diadakan setiap tahunnya yaitu pada semesster 6 akhir dengan bobot 3 SKS. Tetapi kalau hanya dilakukan sekali dalam masa studi rata-rata 4 tahun masih dirasa kurang sekali dalam mengunjungi daerah-daerah purbakala apalagi di wilayah Yogyakarta sendiri merupakan wilayah purbakala yang msih dapat kita lihat sampai hari ini. Sehingga mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UPY merasa masih perlu diadakannya kunjungan secara mandiri dan diharapkan mampu kembali menumbuhkembangkan program yang telah ada berupa kegiatan Lingkar Studi Sejarah yang rutin diadakan oleh pengurus mahasiswa Jurusan atau Prodi.

Gedongsongo merupakan situs purbakala yang dibangun sekitar abad ke 7 jaman dinasti Sanjaya dan Sailendra, yaitu pengembangan Hindu setelah Budha masuk ke Indonesia. Hindu mengembangkan ajarannya di wilayah Kedu bagian Utara dan Budha Kedu bagian selatan. Pembagian wilayah tersebut membawa dampak Hindu berkembang di wilayah Jawa Tengah bagian utara sehingga di daerah Gedongsongo dan Dieng banyak didirikan bangunan Hindu yang mempunyai ciri khas candi berbentuk kecil ramping dan rata-rata menghadap ke barat. Demikian halnya dengan candi di Gedongsongo dan Dieng, Candi Gedong Songo berada di desa Gedong jumlahnya sembilan  tetapi sekarang tinggal 5 candi sedang yang lain sudah tidak diketemukan.

Sedangkan Masjid Demak berada di kabupaten Demak merupakan masjid bangunan dari walisongo. Satu-satunya masjid yang memakai simbol Kura-kura (Penyu) di Indonesia. Komplek masjid Demak terdiri dari bangunan masjid museum dan makam. Bangunan ini merupakan bangunan Islam era Walisongo.(Yo2KHistoria)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya