headerphoto

Persyaratan PNS menurut MenPAN

Rabu, 11 Januari 2012 18:29:34 - oleh : admin

Historia, Januari  2012

VIVAnews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN), Azwar Abu Bakar, mengatakan persyaratan nilai TOEFL 600 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat wajar untuk mendapatkan pegawai dengan kualitas yang bagus. Kemampuan itu perlu dimiliki oleh pegawai di pos tertentu.

"Untuk yang tertentu saja, yang berhubungan dengan asing, investasi, kontrak-kontrak luar negeri. Saya nilai wajar," kata Azwar di Jakarta, Senin 9 Januari 2011.

Namun demikian, politisi Partai Amanat Nasional itu mengatakan syarat integritas tetaplah penting untuk dimiliki setiap PNS. "Kalau integritas itu barang wajib, yang TOEFL itu untuk departemen-departemen tertentu aja. Nanti akan dibicarakan dengan mereka," ujar dia.

Sebelumnya, Mementerian Perdagangan, Gita Wirjawan menyatakan akan meminta sejumlah anak buahnya memiliki skor TOEFL mencapai 600. Gita telah menerapkan kebijakan itu ketika ia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Gita mengatakan, rencana menargetkan skor TOEFL yang mencapai 600 itu wajar karena seiring dengan perkembangan kondisi global.

"Saat ini, kita kompetensinya dengan dunia, kita harus bisa global. Bukan hanya Bahasa Inggris, tapi juga Jepang, Arab, Prancis, dan Mandarin," ujar Gita.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya