headerphoto

Memorial Rektor

Rabu, 24 Juni 2009 16:45:34 - oleh : admin

Bantul, 24 Juni 2009

Kampus Universtas PGRI Yogyakarta pada Rabu, 24 Juni 2009 mengadakan acara Penyampaian Memori Akhir Jabatan Rektor dan Pejabat Struktural masa Bakti 2005-2009 oleh Rektor  Prof. Dr. Buchory MS.,M.Pd. Acara tunggal tersebut menyampaikan tentang pelaksanaan bidang Akademik dan Penjaminan Mutu, bidang Administrasi Umum dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama. Bidang Akademis dan Penjaminan Mutu  dikatakan bahwa telah berhasil melaksanakan pembbaharuan kurikulum dari tahun 2002 ke 2007 yang telah ditetapkan jumlah SKS wajib ditempuh antara 149 - 160 SKS di tiap jejnajng dan Program Studi/Jurusan yang ada. Sedangkan bidang Akademik melakukan penerimaan mahasiswa baru yang diikuti tes masuk diadakan setiap tahun. Mengenai jumlah digambarkan dalam bentuk grafik yang tidak dilengkapi dengan jumlah riil tertulis. Grafik mahasiswa aktif ditahun kedua mengalami penurunan dibanding tahun pertama (2005) sedang tahun ke-3 mengalami kenaikan yang tajam dan tahun ke-4 penurunan dibanding tahun ke-3 tapi masih lebih tinggi dari tahun pertama. Untuk animo mahasiswa masuk dari tahun pertama mengalami kenaikan yang signifikan sehingga jumlahnya semakin banyak walaupun diikuti dengan pembukaan Program Studi baru yaitu PGSD.

Sebagai peningkatan pelayanan administrasi akademik telah diadakan komputerisasi sistem informasi terpadu mulai dari regristasi sampai nilai sevara on line. Hal tersebut erat dengan UPY tergabung dalam program INHERENT sebagai bukti telah memenangkan proyek PHK-INHERENT K3 tahun 2007. Adanya otonomi Perguruan Tinggi maka setiap akhir semester membuat laporan EPSBED yang wajib dilakukan oleh Perguruan Tinggi.

Perpustakaan telah berhasil menambah koleksi buku-buku penunjang perkuliahan dan dilakuakan sepanjang tahun. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan Perpustakaan maka telah di luncurkan program perpustakaan dan langganan jurnal online :www.proquest.com/pqdweb. sistem ini dapat diakses secara on line. Sarana lain sebagai penunjang pembelajaran ditingkatkannya fungsi laboratorium bahasa dan micro theaching yang dilengkapi dengan sarana pembelajaran standart masa sekarang termasuk program teleconfren yang rutinitas dilakukan di kampus UPY. Selain itu diadakan kerjasama MOU dengan sekolah-sekolah sekaligus sebagai perwujudan kerjasama PPL2 di sekolah. Tahun 2007 telah dibentuk Pusat Pengembangan dan Peningkatan Aktifitas Intruksional-Pusat Sumber Belajar (P3AI-PSB). Dalam pelaksanaannya juga dakui baru bisa berjalan tahap awal karena dilakukan secara bertahap. Pelayanan Teknologi informasi dan Komunikasi (PPTIK) telah dibentuk sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada civitas akademika UPY.

Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat telah berhasil meningkatkan minat tenaga dosen untuk meningkatkan diri dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dengan bukti peningkatan pengajuan proposal dan anggaran, proposal yang dikirim ke DP2M dan Ditnaga DIKTI ataupun yang dikelola oleh LPPM sendiri. Penngkatan mutu dan status bagi program studi juga telah dilakukan dengan dibuktikannya perolehan status akreditasi di semua program studi hanya prodi yang baru dibuka masih dalam proses visitasi.

Bidang Administrasi Umum dan Pengembangan SDM, melaksanakan penambahan tenaga edukatif dan administrasi untuk memperlancar kegiatan pembelajaran. Disamping peningkatan pemanfaatan sarana dan prasarana berupa ruang dosen, kantor di tingkatkan pemberdayaannya dengan membuat sekat-sekat ruangan, ruang Dapur, UKM dan gedung baru berlantai 4 yang menelan biaya Rp. 11.373.000.000 (sebelas milyar tiga ratus tujuh puluh tiga juta rupiah). Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatan perbaikan pengadaan ATK dan sarana lain seperti jasa service cleaning. Pengadaan Audio visual dan furniture, genset menelan biaya tidak kurang dari Rp. 330.000.000 (tiga ratus tiga puluh juta rupiah).Rektor juga mengatakan bahwa peningkatan kesejahteraan pegawai tahun 2005/2006 dinaikan antara 30 % untuk gaji pegawai tetap dan karyawan, tunjangan fungsional dosen dan kerja karyawan, sedangkan gaji ke-13 mencapai 50 % . Tahun berikutnya terjadi kenaikan 20 %, tahun ke-3 naik 25 %. tahun ke-4 meningkat dari item terkecil 15 % sampai 66,67 % untuk tunjangan kerja karyawan, uang tranport 50 % dll.

Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama mengadakan promosi tahunan ke sekolah-sekolah, pembinaan bidang penalaran baru sampai ke tahap mengikutkan lomba karya tulis mahasiswa. Sedangkan pembinaan bidang minat dilakukan pada BEM Universitas sampai UKM khususnya dalam berorganisasi. Olah raga juga terbatas pada perlombaan secara internal pada masing fakultas dan Program studi. Masalah beasiswa yang berhasil diraih dari PPA, BBM, Dinas Pendidikan (reguler, guru, Dikti), Akibat Gempa, BKM, UPY. 

Bidang kerjasama berhasil mengadakan kerjasama dengan beberapa sekolah-sekolah SLTP dan SLTA. (yo2khistoria)

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya